Rabu, 22 Agustus 2012

Cara Menyusun Kalimat

안녕하세요 saya kembali lagi ^^ hmmm saya mau berbagi ilmu nih tentang membuat kalimat dalam bahasa korea.. sebenarnya saya belum terlalu mahir dalam berbahasa korea.. baru tau dikit.hhehehe jadi saya ngesahre bahasa korea yang saya tau aja. Kalo ada kalimat yang salah mohon dikoreksi yahh ^^
Menyusun kalimat ->
~ partikel ~
·         I -> subjek yang berakhiran konsonan
·         Ga -> subjek yang berakhiran vocal
~ objek ~
·         Eul -> objek yang berakhiran konsonan
·         Reul -> objek yang berakhiran vocal
~ predikat ~
·         Mnida -> predikat berakhiran vocal
·         Seumnida -> predikat berakhiran konsonan
Contoh :
·         Saya mendengarkan musik
Dalam kalimat di atas pola kalimatnya adalah S-P-O. namun dalam bahasa korea pola kalimatnya di ubah menjadi S-O-P sehingga menjadi saya – music – mendengarkan .
Saya = je + ga
Musik = gayo + reul
Mendengarkan = deutda + seumnida
Jadi ->jega gayoreul deutseumnida

*catatan = deutda merupakan kalimat dasar yang selalu berakhiran dengan “da”.. “da” dihilangkan sehingga menjadi “deutseumnida”

Contoh kalimat dengan pola susunan SKOP :
saya makan nasi di rumah ( SPOK) -> saya di rumah nasi makan (SKOP)
=  jega jibeseo babeul meoksumnida

Je + ga = saya
Jib + eseo = rumah (eseo digunakan untuk menunjukan tempat yang tidak berpindah – pindah )
Bab +eul = nasi

Nah yang di atas tadi kan contoh untuk kalimat positif.. trus kalo kalimat negatif bagaimana??? Untuk kalimat negative tinggal menambahkan (an) di depan kata kerja..
Contoh :
·         Jibe gayo = saya pergi kerumah
·         Jibe angayo = saya tidak pergi kerumah
Gimana gak sulitkan?? Hehehe….

Kata umum dalam bahasa korea :
~ cham : jal dwaessgunyo : kau sangat baik
~ eottoke saenggakhaeyo : bagaimana menurutmu
~ cohayo ? : bagus?/ suka?
~ amadoyo : mungkin
~ Najungeoyo : mungkin nanti
~ Geuraesseumyeon Jokesseumejil jokesseoyo : kuharap begitu
~ jeode geuroeoke saenggakae : kupikir juga begitu
~ ilbureogeureongeon anieyo : aku tidak bermaksud begitu

Ungkapan – ungkapan bernuansa romantis :
~ jeongmal bogosipeosseoyo :aku akan selalu merindukanmu
~ gotdasibol su isseumyon jokesseyo : aku harap kita bisa ketemu lagi secepatnya
~ sangsini joayo : aku mencintaimu
~ dangsineul saranghaeyo : aku jatuh cinta padamu
~ harujog-il dangsin saeng-gageul haeyo : aku memikirkan dirimu sepanjang hari
~ dangsil kkumeul kkwosseoyo : aku memimpikanmu
~ dangsineun yebbeu nuni jeongmal areumdawoyo : kau mempunyai mata yang indah
~ dangsineun misoga jeongmal areumdawoyo : kau mempunyai senyuman yang manis
~ noegen naega ijanha :aku selelu ada untukmu.
~ soljikhi marehbwa : katakana dengan jujur
~ nal bogosipji anya? : bukankah kau ingin melihatku
~ nae sarangeun oppa-ya : cintaku adalah dirimu
~ gani neoreul geriwo, bammyeon neoui eolgeuraeul gieokhaeyo neoneun nal hyojayo..naega hansang neoreul gidaryoya : hatiku rindu pada dirimu, bla malam terbayang wajahmu kau tinggalkan diriku ini…ku selalu menantimu
~ nan mollayo,, nae gaseum neodeul georindedo : aku tidak tau,, aku tidak begitu mengerti hatimu
~ naneun neoreul hansang gidaryo geuriko baradaimnida : aku selalu menunggumu dan berharap
~ naneun neoreul jebaleseo ijeobeojimnida: tolong bantu aku lupakan dia
~ wae nune natana : kenapa kamu muncul di mataku
~ wae nwega jakku natana : kenapa kamu tetap muncul
~ nan niga yeogie itneun geol wonhae : aku ingin kau disini

Nah segitu dulu ya.. maaf kalo terlalu sedikit.. ^^ hehehe.. annyeong~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan komentar ^^