Selasa, 26 Juni 2012

Apa Ruang Angkasa itu ??

Ruang angkasa adalah segala sesuatu yang ada di alam semesta yang berada diluar atmosfer bumi. Dengan melihat langit malam, ruang angkasa terlihat  penuh dengan bintang. Namun demikian, jarak antar bintang tidak terbayangkan jauhnya dan hampir tidak ada satupun yang terlihat diantaranya kecuali gumpalan – gumpalan debu bintang. Sebagian ruang angkasa adalah ruang hampa yang sangat luas, yang entah bagaimana bias dinamakan ruang ankgasa. Tidak seorangpun tau berapa luas ruang angkasa, dan sebagian besar sangat jauh untuk dilihat, tetapi dengan menggunakan teknologi modernpara astsonom menemukan lebih banyak lagi benda langit


·         Skala alam semesta
apa yang anda dapat lihat diruang angkasa hanyalah sebagian kecil dari apa yang ada disana. Dengan teleskop tang kuat, kumpulan cahaya terang dari bintang- bintang atau galaksi- galaksi yang disebut kuasar dapat dilihat dari jarak 13 miliar tahun cahaya. Sehingga bila jarak kuasar dari segala arah jauhnya sama, maka garis tengah alam semesta paling tidak sepanjang 26 miliar tahun cahaya. Cahya dari beberapa bintang, mungkin jauhnya ribuan bahkan jutaan tahun cahaya, ketika dilihat melalui teleskop.

·         Mengukur dengan cahaya
Cahaya bergerak lebih cepatdari apapun yang ada di alam semesta, mendekati 300.000 km/detik. Para astronom menngunakan banyak teknik untuk memperkirakan jarak bintang apapun. Mereka mengukur jarak dengan satuan cahaya bukan dengan satuan kilometer. Satu tahun cahaya adalah jarak lintasan cahaya dalam satu tahun – sekitar 9,5 triliun km. para astronom kadang – kadang mengukur jarak dengan satuan parsek. Satu parsek adalah 3,26 tahun cahaya.

·         Lubang istimewa
Apa yang kalian pikirikan ketika mendengar nama “lubang hitam”.. hmm salah satu penemuan dari ruang angkasa yang paling mengejutkan pada abad terakhir ini ada;ah keberadaan lubang hitam atau black hole. Lubang hitam adalahsebiahtitik di ruang angkasa yang mempunyai grafiatsi sangat kuat sehingga bias menhisap apapun, bahkan cahaya. Kita tidak dapat melihat lubang hitam karena cahaya tidak dapat lepas darinya. Lubang hitam mungkin terbentuk ketika sebuah bintang raksaksa habis terbakar dan ditekan sangat kuat oleh gravitasinya sendiri, lalu semua materinya memampat menjadi satu titik yang sangat kecil – yang disebut singularitas – sebelum lenyap sama sekali.



·         Nun jauh disana
~ cahaya dari benda – benda yang jauh diruang angkasa memerlukan waktu yang lama untuk mencapai bumi. Maka bintang yang kita lihat bukanlah bintang yang kita lihat bukanlah bintang dalam keadaan seharusnya sekarang, melainkan bintang dalam keadaan saat cahaya meninggalkannya. Bintang terang Deneb tang kita lihat sekarang sebenarnya dalah bintang Deneb dalam keadaan 1800 tahun yaqng lalu, pada Zaman Romawi Kuno..
~ ketika kita memandang Galaksi Andromeda, kita melihatnya seperti yang dipercayakan oleh para ilmuan, yaitu keadaan Galaksi Andromeda padawaktu lebih dari 2 juta tahun yang lalu, ketika jenis manusia pertama berevolusi di Afrika.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan komentar ^^