Sabtu, 30 Juni 2012

Bagaimana seandainya jika saya tidak pernah mandi??

Pikiran pertama yang muncul ketika mendengar pertanyaan seperti ini adalah kata – kata kotor. Hasil yang di dapat karena tidak pernah mandi salah satunya adalah baud an menyebabkan mulai berkurangnya undangan dari teman atau anggota keluarga. Akibat yang lebih serius adalah terganggunya kesehatan. Mari kita bayangkan apa yang terjadi jika kamu memutuskan untuk tidak mandi..
·         Badanmu akan menjadi berbau
·         Kulit dan rambut akan semakin kotor dan kotor
·         Kemungkinan terkena infeksi terbuka lebar
·         Kamu akan banyak menggaruk sehingga memperbesar infeksi
Pertimbangan juga seberapa banyak kotoran yang menempel di tubuh jika kamu tidak pernah mandi. Rata – rata tuubuh manusia tertutup oleh 20 kaki persegi (2m2) kulit yang mempunyai sekitar2,6 juta kelenjar keringat kulitmu terdiri atas ribuan rambut – rambut kecil. Dari data itu kamu bias membayangkan berapa banyak kotoran yang menempel di kulit dan rambut seluas itu.
                Kamu selalu berkeringat meskipun kamu tidak memperhatikannya. Ada 2 jenis kelenjar keringat diseluruh tubuh, yaitu ekrin dan apokrin. Keringat dari kelenjar apokrin terdiri atas protein dan asam lemak yang menyebabkan lengket dan member warna kuning. Itulah sebabnya mengapa di pakaian di bagian bawah ketiak berwarna kuning. Sesungguhnya, keringat tidak bau. Lalu mengapa orang yang berkeringat banyak selalu bau???? Jawabannya adalah bakteri dikulit dan rambut memetabolisme protein dan asam lemak sehingga akan memnimbulkan bau yang sangat tidak enak.
                Rata – rata satu orang berkeringat sebanyak 1 sampai 3 liter per jam, tergantung pada iklim setempat. Misalnya, kamu berkeringat sebanyak 3 liter per jam, kulit dan rambut di seluruh tubuhmu lengket karena berkeringat, dan itu mungkin saja membawa lebih banyak kotoran dari pada biasanya. Lalu, bagaimana dengan kuman dan mikroorganisme yang biasanya juga melekat dikulit?? Di sebagian besar tempat, bakteri, jamur dan klamir/kapang tidak berbahaya selagi mereka tinggal dipermukaan kulit. Akan tetapi, bagaimana jika benda – benda itu amsuk kealiran darah?? Tentu akan lain lagi ceritanya.
                Ada beberapa hak yang membuat seseorang menjadi gatal –gatal. Kita tahu siapapun bias terkena kutu, kuman, atau cacing gelang. Memang secara normal, hal ini bukanlah masalah besar. Carilah obat gatal, dan kamu pun akan sembuh. Akan tetapi. Jika kamu sama sekali tidak mandi dan terlanjur gatal – gatal, maka dapat mebuatmu bingung karena pasti banyak parutan dikulitmu akibat garukan. Kamu mungkin juga bias terluka akibat garukan yang terlalu kerasyang menyebabkan permukaan kulit mengelupas. Bakteri yang cukup berbahaya akan melekat diseluruh tubuhmu yang kotor – misalnya staphylococcus. Jika bakteri itu memasuki daerah aliran darah akibat luka hasil garukan, situasinya bias menjadi fatal. Walaupun kemungkinannya kecil.
                Kesampingkanlah kemungkinan diatas karena bau menyengat membuatmu bergegas ingin mandi. Tentu saja kegiatan ini harus menjadi kebiasaan yang dilakukan sehari – hari..
                Semoga artikel ini bermanfaat. Peasn dari saya “ jangan malas mandi ya ^^v”
                Source : Brain, Marshall. 2003. Bagaimana Seandainya. Bandung: Pakar Raya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan komentar ^^